Jelaskan apa itu perjanjian Tordesilllas?

Jelaskan apa itu perjanjian Tordesilllas?

Pembahasan :
Perjanjian Tordesilllas adalah perjanjian yang berlangsung ditandatangani di Tordesillas Spanyol pada 7 Juni 1494. Perjanjian ini berisi bahwa di dunia luar Eropa menjadi kekuasaan eksklusif dua bangsa yaitu Spanyol dan Portugal, yang bermulai pada barat kepulauan Tanjung Verde.

Untuk wilayah bagian sebelah timur dimiliki oleh Portugis sedangkan wilayah sebelahsebelah  barat oleh Spanyol. Perjanjian tersebut disahkan Spanyol pada 2 Juli 1494 sedangkan untuk Portugis pada 5 September 1494.

Perjanjian Tordesillas adalah awal dari penjelajahan bangsa eropa untuk mengelilingi samudra di dunia salah satunya Indonesia. Pada waktu itu kerajaan Spanyol dan Portugis merupakan kerajaan dengan memiliki kekuatan armada laut yang kuat, teknologi navigasi, serta perlengkapan kapal yang maju dibandingkan dengan negara-negara eropa yang lainnya. Keunggulan keduannya menimbulkan persaingan, terutama dalam memperluas wilayah dan perdagangan.

.
Semoga membantu dalam mengerjakan soal. By Mr. Aru - Jawaban Soalmu menjawab soal dengan mudah, jawaban soal dari sumber yang akurat dan terpercaya 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama